Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Aplikasi Canva pada Guru Pondok Tahfidz Ahlul Jannah Paddinging

Authors

  • Abdul Wahab Universitas Muslim Indonesia
  • Muh. Azhar Universitas Muslim Indonesia
  • Muh. Aidil Sudarmono R Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Baso Muammar Universitas Muslim Indonesia
  • Junaedi Junaedi Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar
  • Nur Aeni Mahasiswa PAI Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56467/bbm.v2i2.330

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Aplikasi Canva

Abstract

Salah satu kompetensi guru yang belum terlaksana dengan baik adalah keterampilan dalam kegiatan pengajaran yaitu pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Canva bagi guru. Kesulitan ini disebabkan karena guru kurang memiliki kemampuan penggunaan aplikasi Canva tersebut. Oleh karena itu, perlu diadakan kegiatan pelatihan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Canva pada guru Pondok Tahfidz Ahlul Jannah Paddinging. Melalui kegiatan pelatihan ini, kompetensi guru dalam media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Canva diharapkan dapat semakin meningkat. Berdasarkan analisis situasi, permasalahan yang dirumuskan: 1) Pelaksanaan pembelajaran, dirasakan kurang menarik bagi peserta didik dan cenderung membosankan, 2) Motivasi guru untuk melaksanakan inovasi pelaksanaan pembelajaran sangat rendah, 3) Pengetahuan para guru dalam merancang dan menggunakan media pembelajaran menggunakan Aplikasi Canva sangat kurang. Pelaksanaan pelatihan dilakukan selama 3 hari tatap muka, dengan mengundang 15 guru Pondok Tahfidz Ahlul Jannah, dengan frekuensi 3 kali kunjungan. Adapun luaran yang antara lain: meningkatnya kompetensi guru dalam bidang media pembelajaran interaktif menggunakan Aplikasi Canva.

Downloads

Published

2024-11-29