Main Article Content

Abstract

Latar Belakang: Komplikasi maternal dan neonatal merupakan masalah serius dalam pelayanan Asuhan kebidanan yang memerlukan tindakan deteksi dini yang efektif. Deteksi dini merupakan tindakan penjaringan untuk mengetahui seawal mungkin adanya penyimpangan, kelainan, komplikasi, dan penyakit ibu selama kehamilan yang dapat menjadi penyulit atau membahayakan ibu dan bayinya (Fadlun, 2012). Metode One Student One Client (OSOC) adalah pendekatan yang menempatkan satu mahasiswa kebidanan untuk memberikan asuhan kebidanan pada satu klien selama periode tertentu. Tujuan: Menguji efektivitas penerapan Metode One Student One Client (OSOC) dalam asuhan kebidanan komprehensif sebagai tindakan deteksi dini komplikasi maternal dan neonatal serta mengidentifikasi tantangan dan peluang yang terkait. Metode:  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data akan dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan analisis dokumen. Hasil penelitian mengungkapkan sejumlah tantangan yang dihadapi dalam penerapan metode OSOC, seperti manajemen waktu yang efisien, dan koordinasi antara mahasiswa, dosen, dan pasien. Meskipun tantangan-tantangan ini ada, pendekatan OSOC juga membawa berbagai peluang positif. Mahasiswa kebidanan merasakan peningkatan pemahaman klinis, keterampilan, dan kepercayaan diri mereka. Pasien mengalami pelayanan yang lebih terfokus dan holistik, yang pada gilirannya mendukung deteksi dini komplikasi maternal dan neonatal yang lebih baik. Penerapan model maternitas OSOC pada kelompok yang diberi pendampingan (42 sampel) mayoritas dilakukan asuhan secara komprehensif mulai dari kehamilan hingga Pelayanan KB (97,6%), Penemuan resiko tinggi sangat efektif, mayoritas KRR (26,1%), dan 100%  dengan persalinan Normal. Kondisi Ibu mayoritas sehat (85,7%) dan Bayi mayoritas sehat (95,2%). Kesimpulan: Hasil penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang kompleksitas implementasi metode OSOC dalam konteks asuhan kebidanan. Temuan ini dapat memberikan panduan bagi institusi pendidikan kebidanan dalam mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang yang muncul dalam menggunakan metode OSOC sebagai pendekatan pendidikan dan pelayanan kebidanan yang komprehensif.

Keywords

OSOC Komprehensif Kebidanan

Article Details