Main Article Content

Abstract

Sectio caesarea adalah salah satu operasi bedah yang paling umum dilakukan di dunia. Kelahiran caesarea didefinisikan sebagai kelahiran janin melalui insisi pada dinding abdomen (laparotomi) dan dinding uterus (histerotomi). Tindakan operasi sectio caesarea dilakukan untuk mencegah kematian janin dan ibu karena adanya suatu indikasi yang akan terjadi kemudian bila persalinan dilakukan secara pervagina. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh terapi murottal Al-Qur’an surah Yunus terhadap penurunan intensitas nyeri pada pasien Post operasi sectio caesarea di Ruangan Sakura RSUD Kabupaten Polewali Mandar. Metode penelitian ini adalah penelitian “quasy experiment” dengan desain/rancangan non equivalentwith Control Group (Tidak setara dengan kelompok kontrol). Populasi penelitian ini adalah pasien Post section caesarea yang terdata di Ruangan Sakura RSUD Polewali Mandar dengan sampel sebanyak 20 responden pada kelompok kontrol dan intervensi dengan melakukan observasi yang diukur menggunakan NRS (Numeric Reting Scale). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh terapi murottal Al-Qur’an surah yunus terhadap penurunan intensitas nyeri pada pasien post section caesarea di ruangan sakura RSUD kabupaten Polewali mandar setelah pemberian terapi murottal Al-Qur’an surah yunus dengan nilai Signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat diartikan bahwa nilai signifikan pengukuran data kelompok kontrol dan Intervensi, bermakna Ha diterima dan H0 ditolak, artinya ada pengaruh terapi Murottal Al-Qur’an terhadap penurunan intensitas nyeri pada pasien post sectio caesarea diruangan sakura kabupaten polewali mandar. Saran penelitian diharapkan dapat melakukan penelitian dengan Murottal Al-Qur’an yang dikombinasikan dengan teknik relaksasi nafas.  

Keywords

Intensitas Nyeri pasien post section caesarea Terapi Murottal Al-Qur’an surah yunus

Article Details

References

  1. Eny Khayati. (2019). Terapi Murottal Al-Qur’an Menurunkan Intensitas Nyeri Post. Jurnal Ilmu Keperawatan Maternitas, 2, 43.
  2. Fahmi. (2019). Pengaruh pemberian teknik relaksasi benson terhadap intensitas nyeri pasien post sectio caesarea di rs pku muhammadiyah cepu. 2(1), 44–54.
  3. Nadhia, E. (2015). Pengarh Terapi Mendengarkan Murottal Al-Qur’an Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Presirkumsisi Di Rumah Sunat Bintaro.
  4. Notoadmojdo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
  5. Sholeh, M. (2012). Agama Sebagai Terapi Telaah Menuju Kedokteran Holistik. Pustaka Pelajar.
  6. Hikmanti. (2016). respon fisiologi pasien pasca operasi caesarea setelah diberi terapi murottal Ar Rahman. 11(1), 89–97.
  7. Al-Mazîd. (2010). Dasyatnya terapi Al Qur’an.
  8. Annisa. (2017). Pengaruh Mendengarkan Dan Membaca Al-Quran Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Hipertensi Di Panti Sosial Tresna Werdha Mabaji Gowa.
  9. Azzahroh. (2020). Pengaruh Terapi Murottal Al-Qur’an Terhadap Tingkat Kecemasan pada Pasien Pre Operasi Sectio Caesarea di Rumah Sakit Ridhoka Salma Cikarang Tahun 2019. Journal for Quality in Women’s Health, 3(2), 127–132. https://doi.org/10.30994/jqwh.v3i2.61
  10. Darwis. (2019). Pengaruh Terapi Murottal Al-Qur’an terhadap komunikasi Verbal di TAUD SAQU (Sahabat Qur’ani) Kab.Polewali Mandar.
  11. Dinkes Sulbar. (2017). Profil kesehatan provinsi sulawesi barat.
  12. Fitri. (2017). FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TERJADINYA PERSALINAN SECTIO CAESAREA DI RSUD RANTAUPRAPAT. 59.
  13. Hikmanti. (2016). respon fisiologi pasien pasca operasi caesarea setelah diberi terapi murottal Ar Rahman. 11(1), 89–97.
  14. Kelana, K. D. (2017). Metodologi Penelitian keperawatan (Pedoman Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian). Katalog Dalam Terbitan (KDT).
  15. Kemenkes RI. (2016). PROFIL KESEHATAN INDONESIA. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
  16. Ketut, S. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan [Edisi Revisi] (B. Monica (ed.)). Katalog Dalam Terbitan (KDT).
  17. Lubis, D. S., & Keb, M. (2018). HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DENGAN RIWAYAT PERSALINAN SECTIO CAESAREA (SC) DI RSIA NORFA HUSADA BANGKINANG TAHUN 2018 Duma. 2(2), 62–69.
  18. Muhammad. (2020). Tadabbur Al-Qur’an mengalami makna al-Qur’an dari Alfatihah sampai An-Nas (A. Zirzis (ed.)). pustaka Al-katsar.