Main Article Content

Abstract

ASI adalah makan pertama, utama,dan terbaik bagi bayi, yang bersifat alamiah , ASI mengandung berbagai zat besi yang dibutuhkan dalam prooses pertumbuhn dan perkembangn bayi. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan dan pendampingan pemberian ASI eksklusif  pada bayi baru lahir terhadap peningkatan berat badan bayi. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian atau rancangan penelitian merupakan kerangka acuan bagi peneliti untuk mengkaji hubungan antara variabel dalam suatu penelitian dengan menggunakan dua kelompok yang diawali dengan-test, dan setelah pemberian perlakuan diadakan pengukuran kembali(post-test). Pada penelitian ini Populasinya adalah ibu Nipas dengan jumlah populasi sebanyak 20 di wilayah Puskesmas Pekkabata Kecamatan Polewali Mandar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penyuluhan dan pendampingan pemberian ASI eksklusif pada bayi baru lahir terhadap peningkatan berat badan bayi di wilayah puskesmas Pekkabata memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan status gizi bayi. Sebagian besar ibu nifas merasa terbantu dengan penyuluhan dan pendampingan yang dilakukan. Pendampingan dan penyuluhan memberikan ibu pengetahuan tentang ASI eksklusif sehingga pengetahuan ibu bertambah hal ini akan berdampak pada sikap ibu tentang bayinya serta kebutuhan bayinya. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh ialah Berat badan bayi sebelum penyuluhan dan pendampingan pemberian ASI eksklusif di Wilayah Puskesmas Pekkabata yaitu pada kelompok eksperimen  berat badan bayi >3000 gram dengan tingkat tertinggi sebanyak 6 (60%) responden, dan <3000gram sebanyak 4 (40%)  responden.  

Keywords

Penyuluhan ASI Ekslusif Bayi Baru Lahir

Article Details

References

  1. Ditjenpp.kemenkumham. 2022. “PEMERINTAH KAB.POLEWALI MANDAR DAN INFORMATIKA,STATISTIKA DAN PERSANDIAN POLMAN SATU DATA.” 1–7.
  2. Diza Fathamira Hamzah. 2018. “Pengaruh Pemberian ASI Eksklusif Terhadap Berat Badan Bayi Usia 4-6 Bulan Diwilayah Kerja Puskesmas Langsa Kota.” 3(2):8–15.
  3. Indonesia, profil kesehatan. 2020. PROFIL KESEHATAN INDONESIA. Vol. 48.
  4. Maria, M., Mahasiswi Program, S. Studi, Ilmu Keperawatan, and Stikes St. 2020. “Fine Motor Development in Baby Age 6 Months.” Journal of Nursing and Public Health 8(1):58–65.
  5. Ningsih, Suyati. 2016. “Pengaruh Penyuluhan Dan Pendampingan Pemberian ASI Eksklusif Terhadap Status Gizi Bayi Di Kabupaten Sragen.” Applied Microbiology and Biotechnology 85(1):2071–79.
  6. Nursalam. 2016. Konsep & Metode Keperawatan Edisi 2. Jakarta: Salemba medika.
  7. Pamungkas, Rian Adi. 2017. Metodologi Riset Keperawatan. edited by T. Ismail. Makassar: CV Trans Info Media.
  8. Tikoalu, Rini Sekartini dan Jeanne-Roos. 2013. “Air Susu Ibu Dan Tumbuh Kembang Anak.” WWW.Idai.or.Id.