Main Article Content

Abstract

Bilangan cacah merupakan bilangan yang dimulai dari nol, satu, dua, tiga, dan seterusnya. Bilangan cacah bisa digunakan dalam perhitungan praktis matematis. Apabila bilangan cacah dihubungkan dengan operasi bilangan, maka akan ditemukan adanya operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Selain itu, akan pula ditemukan hitungan campuran dari operasi pada bilangan cacah. Tulisan ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yang membicarakan Pembelajaran Bilangan Cacah pada Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. Selanjutnya penulis mengkaji Sejarah Bilangan Cacah, Pengertian Bilangan cacah, dan Operasi Hitung Bilangan Cacah.

Keywords

Bilangan cacah Operasi Hitung Matematika

Article Details

References

  1. Abdussakir. 2009. Matematika 1: Kajian Integratif Matematika dan Al-Qur’an. Malang: UIN- Malang Press.
  2. Fathani, Abdul Halim. 2009. Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Arruz Media. Hutahuruk, Naipopos. 2004. Kamus Matematika. Jakarta: Erlangga.
  3. Irmayanti, Junaedi, dkk. 2021. Teori dan Aplikasi Kalkulus Dasar. Aceh: Yayasan Penerbt Muhammad Zaini.
  4. Musrikah. 2014. Matematika untuk Guru MI/SD. Tulungagung: IAIN Tulungagung Press. Mutijah dan Ifada Novitasari. 2009. Bilangan dan Aritmatika. Yogyakarta: Grafindo
  5. Literamedia.
  6. Nasoetion, Andi Hakim. 2001. Landasan Matematika. Jakarta: Bhratara Karya Aksara. Rahayu, Nurhayati. 2009. Matematika itu Gampang. Jakarta: Transmedia.
  7. Setyo Winarni, Endang. 2011. Matematika Untuk PGSD. Bandung: Remaja Rosdakarya Dasar. Yogyakarta: Edukasi Press.
  8. Wahyu Purnomo, Yoppy. 2015. Pembelajaran Matematika untuk PGSD. Jakarta: Erlangga.