Main Article Content

Abstract

               Bullying sudah menjadi kebiasaan di masyarakat termasuk juga di lingkungan sekolah. Tindakan mengolok-olok, mengejek, merendahkan, menghina, dan segala bentuk tindakan menyakiti orang lain sudah dianggap hal yang biasa. Kasus bullying semakin banyak terjadi di Indonesia terutama pada lingkungan sekolah dimana hal tersebut dapat berpengaruh dan menghambat proses belajar, termasuk juga dapat  menganggu kesehatan mental anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengertian, dampak perilaku bullying di sekolah terhadap kesehatan mental anak. Metode Penelitian menggunakan penelitian kualiatif deskriptif, Selanjutnya dianalisis dalam bentuk paparan mengenai kondisi yang diteliti dan dituangkan dalam bentuk naratif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dampak dari korban bullying sering mengalami depresi, kecemasan, gangguan tidur, perasaan tidak aman, stress dan gangguan kesehatan mental yang bisa mengkibatkan gangguan jiwa.


Kata Kunci : Bullying, Kesehatan Mental, Sekolah.

Keywords

Bullying Kesehatan Mental Sekolah

Article Details

References

  1. Agustina, Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental di Sekolah Dasar, Jurnal Sains dan Pendidikan Vol.4 No.1 (2023).
  2. Amandemen UU Perlindungan Anak No. 35 Tahun 2014 Jakarta: Redaksi Grafika, 2015.
  3. Casas dan Ortega “ Bullying dan Cyberbullying” (2013).
  4. Cintya dan Supriyadi “Peran Kepercayaan Diri Terhadap Kecemasan Komunikasi” Jurnal Psikologi Kesehatan Mental Vol. 2 (2020).
  5. Cresswell Research Design “ Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif” Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2019.
  6. Darmayanti, dkk “ Bullying di Sekolah : Dampak dan Cara Mananggulangi” Jurnal Pendidikan 17 No. 1 (2019).
  7. Faizah, Firsta “Bulying dan Kesehatan Mental Pada Remaja” Journal of Child and Gender Studies Vol. 3 No. 1 Maret 2017.
  8. Fathiannisa Caesaria “Pendidikan Karakter Bangsa” Jakarta: Mustika Pustaka Negeri, 2016.
  9. Firdaus Muhammad, Fery. “Upaya Mengatasi Bullying di Sekolah Dasar” Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2019).
  10. Fitriani, A. (2024). Peningkatan Kesadaran Kesehatan Mental pada Remaja Melalui Promosi Kesehatan Mental. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora.
  11. Hermalinda, “Hubungan Karakteristik Remaja dan Perilaku Bullying” Jurnal Keperawatan Vol. 2 No.1 (2017).
  12. Kesehatan Mental Remaja. EduCurio: Education Curiosity.
  13. Isnaeni, N., Hastuti, I. D., & Nizaar, M. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Bullying di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu.
  14. Kowalski, Morgan “Cyberbullying in The Schools” (2017).
  15. Maragustam, “Paradigma Revolusi Mental dalam Pembentukan Karakter Bangsa” Jurnal Filsafat Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2015).
  16. Saputry, I. (2020). Bimbingan Kelompok dalam Membangun Kepercayaan diri bagi Korban Bullying (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).
  17. Tobing, Lestari, T. (2021). Pengaruh mental anak terhadap terjadinya peristiwa bullying. Jurnal Pendidikan Tambusai.
  18. Wahani, E. T., Isroini, S. P., & Setyawan, A. (2022). Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental Remaja. EduCurio: Education Curiosity.