Main Article Content

Abstract

Abstrak


Latar belakang : Dismenore atau  nyeri haid merupakan gejala yang paling sering dikeluhkan oleh wanita usia reproduktif. Nyeri atau rasa sakit yang siklik bersamaan dengan menstruasi ini sering dirasakan seperti rasa kram pada perut dan dapat disertai dengan rasa sakit yang menjalar ke punggung, dengan rasa mual dan muntah, sakit kepala ataupun diare. Tujuan : Penelitian ini Untuk mengetahui perbandingan penurunan skala dismenore menggunakan teknik endorphine massage dibandingkan dengan kompres hangat


 


Metode penelitian ; Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Eksperimen dengan pendekatan pretest-posttest control grup design. Rancangan penelitian ini menggunakan dua kelompok, yakni kelompok intervensi (kelompok yang diberikan perlakuan yaitu kelompok yang diberikan endorphine massage) dan kelompok kontrol (kelompok yang diberikan perlakuan yaitu kelompok yang diberikan kompres hangat).  


 


Kata Kunci: Dismenore, endorphin massage, kompres hangat, penurunan skala dismenore.

Keywords

Dismenore, endorphin massage, kompres hangat, penurunan skala dismenore

Article Details

References

  1. 1. Proverawati, A & Misaroh S. 2009. Menarche : Menstruasi Pertama Penuh Makna. Yogyakarta: Nuha Medika.
  2. 2. Aulia. 2009. Kupas Tuntas Menstruasi. Yogyakarta : Milestone
  3. 3. Wiknjosastro, Hanifa. 2009. Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
  4. 4. Kuswadi, Lanny. 2013. Hypnobrithing A Gentle Way to Give Birth. Jakarta : Pustaka Bunda.
  5. 5. Lestari, H., Metusala, J., Suryanto, DY. 2010. Gambaran Dismenore pada Remaja Putri Sekolah Menengah Pertaa di Manado. Bagian Ilmu Kesehatan Anank FK UNSRAT / RSU. Prof. Dr. R.D Kandou Manado Sari Pediatri, Vol. 12.
  6. 6. Perry, Potter. 2011. Fundamental of Nursing.
  7. 7. Han, MHB. 2011. Perbedaan Angka Kejadian Dysmenorrhea Primer antara Wanita yang sudah Menikah dengan Wanita yang belum Menikah. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.
  8. 8. Handayani, YE & Rahayu, LS. 2014. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Nyeri Menstruasi (Dismenorea) pada Remaja Putri di Beberapa SMA di Kabupaten Rokan Hulu. Rokan Hulu : Jurnal Maternity and Neonatal Volume 1 No. 4.
  9. 9. Hartati,W & Esti. 2015. Pengaruh Tehnik Rekalsasi Front Effleurage terhadap nyeri Dismenore. Semarang : Jurnal Riset Kesehatan Vol.4 No. 3.
  10. 10. Micah, R & Sadig, A. 2011. A Mind –Body Approach to the Treatment of Chroni Pain Syndrome and Stress : Related Disordes.
  11. 11. Zaden, J & Candell, C. 2007. Human Development : Eight Edition. New York. Mc.Graw-Hill International Edition.
  12. 12. Lutfiah, N A. 2017. Perbedaan Massage Effleurage dan Kompres Hangat terhadap Penurunan Nyeri Punggung pada Ibu Hamil trimester III. Program Studi D3 Kebidanan STIKes Muhammasiyah Lamongan.
  13. 13. Ria, A. 2016. Analisa efektivitas Kompres Hangat terhadap penurunan Nyeri Persalinan. Program Studi Diploma III Kebidanan STIKes Muhammadiyah Lamongan.
  14. 14. Varney, H., Kriebs MJ., Gegor CL. 2008. Buku Ajar Asuhan Kebidanan. 4th ed. Jakarta : EGC.
  15. 15. Ratih, IK & Apriliyya N. 2016. Pengaruh Endorphine Massage tehadap Penurunan Intensitas Nyeri Punggung Ibu Hamil. Program Studi D III Kebidanan STIKes Muhammadiyah Lamongan.
  16. 16. Rahayu. 2016. Pengaruh Endorphine Massage terhadap Rasa Sakit Dismenore pada Mahasiswi Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Program Studi D III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya.
  17. 17. Yunni, DI, dkk. 2017. Pengaruh Kompres Hangat terhadap Nyeri Haid pada Remaja Putri di Dusun Kebonhui dan Dusun Pangkalan Desa Margajaya Kecamatan Tanjungsari Keabupaten Sumedang. Sumedang.
  18. 18. Rahayuningrum. 2017. Perbedaan Pengaruh Tehknik Relaksasi Nafas dalam dan Kompres Air Hangat dalam Menurunkan Dismenore pada Remaja SMA Negeri 3 Padang.
  19. 19. Marmi. 2013. Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
  20. 20. Wong, Donna L. 2008. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Wong. Edisi 6. Jakarta: EGC.