Main Article Content

Abstract

Gadget merupakan alat yang berukurang kecil, ringan dan praktis yang banyak digunakan disemua kalangan termasuk remaja untuk mencari informasi, komunikasi jarak jauh, belajar serta dapat menampilkan sebuah video dan gambar yang menarik. Namun siapa sangka, benda sekecil ini dapat memberikan dampak terhadap perilaku penggunanya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan Gadget dengan perubahan perilaku remaja kelas II di SMPN 3 Lamasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional untuk mengungkapkan korelasi antar variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja kelas II di SMPN 3 Lamasi dengan sampel sebanyak 54 remaja yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan uji statistik Chi-Square. Hasil penelitian diperoleh 43 (79.6%) remaja yang menggunakan Gadget dengan baikmengalami perubahan perilaku kearah positif dan hanya ada ada 2 (3.7%) remaja mengalami perubahan perilaku kearah negatif. Sedangkan remaja yang penggunaan Gadget-nya kurang baik dengan perubahan perilaku berubah positif tidak ada remaja, namu perilaku berubah negatif ada 9 (16.7%) remaja. Terdapat hubungan antara penggunaan Gadget dengan perubahan perilaku remaja, P = 0.00 < α = 0.05. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu ada hubungan penggunaan Gadget dengan perubahan perilaku remaja kelas II di SMPN 3 Lamasi. Oleh karena itu, diharapkan kepala sekolah, tenaga pendidik dan orang tua bekerja sama membimbing dan mengawasi para remaja agar bijak dalam menggunakan Gadget.

Keywords

Penggunaan Gadget Perubahan Perilaku Remaja

Article Details

References

  1. Adi, R. (2015). Aspek Hukum dalam Penelitian. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
  2. Asroni, I., & Ajhuri, K. F. (2022). Perubahan Perilaku Remaja Pengguna Gadget di Desa Maguwan Ponorogo. 3 (4).
  3. Azimah, Z. (2020). Diet & Detoks Gadget. Jakarta Selatan: Noura Books.
  4. BPS. (2019). Statistik Telekomunikasi Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
  5. Dewi, M., & Ulfah, M. (2021). Buku Ajar Remaja & Pranikah Untuk Mahasiswa Profesi Bidan.Malang: Universitas Brawijaya Press.
  6. Eka, A. (2019). Mengatasi Kecanduan Gadjet Pada Anak. Serayu Publishing.
  7. Gabriela, J., & Mau, B. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Perilaku Anak Remaja Masa Kini. 5 (103).
  8. Gainau, M. B. (2021). Perkembangan Remaja dan Problematikanya. Yogyakarta: PT KANISUS.
  9. Hidayat, U. S. (2021). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045. Sukabumi: NUSAPUTRA PRESS.
  10. Irwan. (2018). Etika Dan Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: Cv. Absolute Media.
  11. Ishomuddin. (2016). Pembangunan Sosial dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Pamekasan: Duta Media Publishing.
  12. Ismi, Z., & Ritanti. (2021). Kecanduan Game Online pada Remaja Dan Penanganannya. Media Sains Indonesia.
  13. Kemendikbud. (2021). Jumlah Pendidik (SMP) Menurut Klasifikasi Verval Ponsel Tiap Kab/Kota Di Prov. Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  14. Khansa, F. A., & dkk. (2021). Perkembangan Anak & Remaja di Era Digital. Yogyakarta: Bintang Semesta Media.
  15. KOMINFO. (2016, 02 12). Anak-Anak Pengguna Internet Terus Bertambah. p. 1.
  16. Lubis, N. L. (2016). Psikologi Kespro "Wanita & Perkembangan Reproduksinya". Jakarta: KENCANA.
  17. Mayeni, R., Syafti, O., & Sefrinal. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi di Kalangan Remaja dilihat dari Nilai-Nilai Karakter. 7 (243).
  18. Muchlis, A., & Nurainiah. (2018). Pengaruh Penggunaan Handphone terhadap Interaksi Sosial Remaja di Desa Dayah Meunara Kecamatan Kutamakmur Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Al-Ijtimaiyyah , 20-21.
  19. Mustayah, Kasiati, & Retnowati, L. (2022). Bahan Ajar Psikologi untuk Keperawatan. Pekalongan: Penerbit NEM.
  20. Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
  21. Olivia, S. (2015). Deteksi Dini Psikologi Balita Hingga Manula. Jakarta: Gramedia.
  22. P, I. M., & Cahyaningrum, I. (2019). Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
  23. Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
  24. Risnaedi, A. S. (2021). Konsep Penanggulangan Perilaku Menyimpang Siswa. Jawa Barat: Penerbit Adab.
  25. Sauludin, O. (2021). Teknologi (Meningkatkan atau Memenjarakan Kreativitas Anak?). Alineaku.
  26. Sinaga, L. R., & dkk. (2021). Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Yayasan Kita Menulis.
  27. Sulistyorini, Z. B. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Exponential , 207.
  28. Syahyudin, D. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Dan Komunikasi Siswa. Volume 2 (276).
  29. Ulfah, M. (2020). Digital Parenting. Tasikmalaya: EDU PUBLISHER.
  30. Wulan, A. N., Dianti, I. R., Anas, D. Z., Ilmi, F. M., Qur'aniyah, I. A., Sari, N. E., et al. (2022). Literasi Teknologi di Era Disrupsi. Semarang: Alinea Media Dipantara.
  31. Yuliani, M., Simarmata, J., Mahawati, S. S., Sudra, R. I., Irawan, H. D., Muttaqin, et al. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan : Teori dan Terapan. Yayasan Kita Menulis.
  32. Zainal, F., Agustina, S., Puguh, P., & Andhika, A. B. (2020). Remaja dan Periilaku Berisiko Di Era Digital : Penguatan Peran Keluarga. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.