Main Article Content

Abstract

Tujuan: Salah satu metode deteksi dini yang telah terbukti efektif adalah penggunaan Kartu Poedji Rochyati. Kartu Poedji Rochyati adalah alat skrining untuk mengidentifikasi faktor risiko kehamilan berdasarkan kriteria tertentu. Kartu ini terdiri dari daftar faktor risiko yang dapat memberikan skor berdasarkan tingkat risikonya. Semakin tinggi skor, semakin tinggi pula risiko kehamilan yang dialami oleh ibu. Dengan menggunakan Kartu Poedji Rochyati, tenaga kesehatan dapat melakukan deteksi dini terhadap kehamilan berisiko tinggi sejak awal kehamilan sehingga dapat meningkatkan kontribusi dalam penurunan angka kematian Ibu dan Bayi. Bahan dan Metode: Studi ini menggunakan metode penelitian observasional dengan desain cross-sectional. Partisipan penelitian adalah semua ibu hamil yang melakukan pemeriksaan kehamilan di Puskesmas Campalagian. Sampel berjumlah 58 individu yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan pemeriksaan dengan menggunakan Kartu Skor Poedji Rochyati. Hasil: Sebagian besar calon ibu di Puskesmas Campalagian memiliki risiko kehamilan yang tinggi, dengan kategori Kelompok Resiko Sangat Tinggi (KRST) yang paling dominan (45.7%), diikuti oleh Kelompok Resiko Tinggi (KRT) sebesar 37.5%, dan Kelompok Resiko Rendah (KRR) sebesar 16.8%. Terdapat 75,8% kasus terlambat mendeteksi tanda bahaya, 46,7% kasus terlambat dalam pengambilan keputusan untuk rujukan, dan 10,5% kasus terlambat tiba di tempat rujukan. Tidak ada kasus terlambat dalam mendapatkan pertolongan di tempat rujukan terakhir dalam penelitian ini. Simpulan: Deteksi dini menggunakan Kartu Skor Poedji Rochyati mampu mengidentifikasi berbagai faktor risiko kehamilan. Namun, masih ditemukan masalah terkait keterlambatan dalam mendeteksi tanda bahaya, mengambil keputusan untuk dirujuk, dan keterlambatan sampai di tempat rujukan. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kesadaran dan kemampuan ibu hamil serta tenaga kesehatan dalam deteksi dini kehamilan berisiko tinggi serta penanganan yang tepat dan cepat.

Keywords

KSPR Komprehensif Kebidanan

Article Details

References

  1. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. (2019). Pedoman Praktis Pelayanan Antenatal: Untuk Tenaga Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Primer. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
  2. Depkes RI dan Bappenas. (2014). Rencana Aksi Nasional Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
  3. Indah, S. (2023). Asuhan Kebidanan Dengan Plasenta Letak Rendah di Pustu Kenje. DELIMA: Jurnal Kajian Kebidanan, 1(1), 1-6.
  4. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Standar Pelayanan Kesehatan Maternal. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
  5. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Buku Acuan Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
  6. Misra, S., Chuang, S., & Pandey, J. N. (2013). Investigating Low Birth Weight among High-Risk Pregnant Women. Journal of Maternal and Child Health, 17(7), 1301–1310.
  7. Nirmayanti, A. (2023). Asuhan Kebidanan Ny ʻʻnʼʼ dengan Kehamilan Gemelli dan dicurigai Hydrocephalus. DELIMA: Jurnal Kajian Kebidanan, 1(1), 7-11.
  8. Perera, D., Ramachandra, V., Kanthasamy, G., & Shanmugam, K. (2017). Factors Affecting Timely Decision-making and Immediate Referral of High-Risk Pregnant Women to Obstetric Care: A Qualitative Study in India. BMC Pregnancy and Childbirth, 17(255).
  9. Suharmi, S. (2024). Bakti Sosial “Pemasangan Kontrasepsi Implan Secara Serentak kepada Perempuan Terbanyak” dalam Rangka HUT IBI ke-73 Kabupaten Majene. STIKes BBM Mengabdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-4.
  10. Suharmi, S., & Evayanti, E. (2023). Studi Kasus: Asuhan Kebidanan Inpartu Kala I dengan Inersia Uteri Primer. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kesehatan, 6(2), 100-104.
  11. Suparman, S., & Nuriana, N. (2023). Studi Kasus Penerapan Metode OSOC dalam Asuhan Kebidanan Komprehensif Sebagai Tindakan Deteksi Dini Komplikasi Maternal dan Neonatal. DELIMA: Jurnal Kajian Kebidanan, 1(2), 52-56.
  12. Wulansari, D., & Dwirahmawati, E. S. (2019). Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Penyakit Malaria Dengan Penggunaan Kartu Skor Poedji Rochyati Di Wilayah Kerja Puskesmas Cemengan Kabupaten Gresik. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 16(1), 94-101.