Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji atau mengetahui Pengaruh Semangat Kerja Dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Pada Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majene. Asumsi di atas mengindikasikan pentingnya pengelolaan yang berhubungan dengan aspek pemberdayaan manusia atau pemberdayaan pegawai dalam organisasi. Aspek pemberdayaan yang dimaksud bertujuan untuk mengembangkan Semangat Kerja dan komunikasi sehingga mampu berkinerja tinggi dalam organisasi. Dalam melakukan upaya ini, salah satu faktor yang sangat menunjang yakni menkomunikasikan agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kerja pegawai. Penelitian ini menggunakan pendekatan gabungan yaitu mengunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan memakai data primer sebagaiacuan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah keseluruhan jumlah populasi, yaitu sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data ini menggunakan angket yang terdiri dari 15 pernyataan dari jumlah keseluruhan. Teknik analisis data menggunakan teknik regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis secara uji simultan (uji F), uji parsial (uji t) dan kofisien determinasi. Hasil atau kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa varibel Semangat Kerja dalam penelitian ini memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Kerja Pegawai dengan nilai signifikansi di bawah angka 0,05, sedangkan variabel kedua yakni Komunikasi juga berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja Pegawai dengan signifikasi juga dibawah 0,05, sementara bila dilihat uji t maka variabel Komunikasi lebih dominan berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja Pegawai di lihat dari besarnya t_hitung Komunikasi 5.399 > dari t hitung Komunikasi yakni 3.987.


 


Kata Kunci: Keahlian; Desain, Kinerja Pegawai

Article Details