Main Article Content

Abstract

Latar Belakang: Salah satu asuhan sayang ibu pada proses persalinan adalah dapat memilih posisi mengedan yang nyaman. Posisi setengah duduk merupakan posisi yang paling umum diterapkan di rumah sakit/ rumah sakit bersalin di Indonesia yang ternyata  tidak bertentangan  dengan  proses  persalinan  yang  ada  di  dalam  Al-Qur`an  yaitu tercantum  dalam  surat  Maryam  ayat  22 -26 yang saat ini disebut  metode persalinan Pengobatan Akhir Zaman (PAZ) Maryam.Tujuan : Untuk mengetahuai Pengaruh Metode Paz Maryam Terhadap Lama Kala I Fase Aktif Persalinan di Puskesmas Pelitakan Tahun 2021.  Metode: metode yang digunakan adalah Analitik observasional dengan desain cross sectional. Populasi dan sampel : populasi dalam penelitian ini adalah ibu bersalin di Puskesmas Pelitakan. Teknik pengambilan sampel adalah porpusive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 22 responden. Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  menggunakan wawancara dan lembar observasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis  menggunakan  program statistik  SPSS  versi  20  dan dianalisis  dengan  menggunakan uji chi-Square. Hasil : Metode Paz Maryam berpengaruh terhadap lama kala I fase aktif persalinan di Puskesmas Pelitakan Tahun 2021 dengan nilai p=0,011. Kesimpulan : Terdapat Pengaruh Metode Paz Maryam Terhadap Lama Kala I Fase Aktif Persalinan di Puskesmas Pelitakan Tahun 2021.  Diharapkan  tenaga kesehatan di Puskesmas  menerapkan metode PAZ Maryam dalam pertolongn persalinan kala 1 fase aktif  karena metode tersebut dapat mempercepat proses persalinan kala 1 fase aktif.


 


 

Article Details

References

  1. Angraini, U. (2019). Perbedaan posisi persalinan setengah duduk Dengan posisi jongkok terhadap lamanya Kala ii di bpm erniwaty babat supat. Jurnal Kesehatan dan Pembangunan, 9(18), 18.
  2. Astuti, I., & dkk. (2017). Perbandingan Posisi Meneran Lateral Dan Semi Recumbent Pada Ibu Bersalin Primipara Terhadap Lama Kala II. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jenderal Achmad Yani (SNIJA) 2017.
  3. Azizah, L. M. , Z. I. , & A. A. (2016). Buku Ajar Keperawatan Jiwa Teori dan Aplikasi Praktik Klinik. Indomedia Pustaka.
  4. Cristiyaningsih. (2021). Melahirkan dengan Berjongkok disebut Meminimalkan Trauma. https://www.republika.co.id/berita/qn4mpp459/
  5. Hidayati, A. (2020). Persalinan Perspektif Mufassir Dan Ilmu Kebidanan (Kajian Surat Maryam Ayat 22-26). Program Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir (Iat). In Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah Institut Ilmu Al-Qur’an (Iiq) Jakarta Tahun Akademik 2020 M/1441 H.
  6. Kurniarum, A. (2016). Asuhan kebidanan persalina dan bayi baru lahir: Vol. Cetakan pertama. BPPSDMK.
  7. Martini, T. dkk. (2016). Perbedaan Posisi Miring Dengan Posisi Setengah Duduk Terhadap Kemajuan Persalinan Kala II Pada Multipara Di Puskesmas Balaraja Tahun 2016. In RAKERNAS AIPKEMA 2016 “Temu Ilmiah Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.”
  8. Meiranny. (2018). Pengaturan Lingkungan Persalinan Sebagai Upaya Peningkatan Kenyamanan Dan Kepuasan Persalinan. Cetakan Pertama. Semarang:Unissula Press.
  9. Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
  10. Nugraheni M. (2019). viral-teknik-bersalin-maryam-demi-melahirkan-normal-amankah. https://parenting.dream.co.id/diy/
  11. Nursalam. (2016). Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika.
  12. Setowati W. (2020). Pengaruh Terapi Murottal Al-Qur’an Surah Maryam Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Ibu Hamil Trimester III. Jurnal Darul Azhar, 9(1).
  13. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
  14. Sukarta A. (2018). Pengaruh posisi mengedan terhadap lama kala II persalinan di Rumah Sakit X tahun 2018. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan ’Aisyiyah, 15(1), 91–97. https://ejournal.unisayogya.ac.id/ejournal/index.php/jkk
  15. WHO. (2019). Maternal Mortality. Fact Sheets of WHO.
  16. Wijaya S. (2021). dikenalkan-metode-maryam-teknik-melahirkan-seperti-menggoyangkan-pohon-kurma. https:/koranbernas.id/
  17. Yulizawati, dkk. (2019). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Persalinan. Edisi Pertama. Sidoardjo:Indomedia Pustaka.