Main Article Content

Abstract

Efektivitas individu, kelompok dan organisasi selain dipengaruhi oleh perilaku dan proses organisasi juga dipengaruhi oleh struktur organisasi. Bagi sebuah organisasi hal terpenting agar organisasi dapat mencapai tujuannya yaitu organisasi harus memiliki desain atau struktur organisasi yang menunjang perencanaan strategis. Namun banyak organisasi yang kurang mampu mendesain struktur sesuai tujuan perencanaan strategis organisasi. Keadaan tersebut menyebabkan organisasi gagal mencapai visi dan misinya. Ada beberapa desain organisasi yang dapat digunakan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dalam suatu organisasi, oleh karena itu seorang pimpinan ataupun para staf harus mampu memilih desain organisasi mana yang cocok dan yang harus diigunakan. Oleh sebab itu, perlu dipelajari lebih mendalam mengenai bagaimana mendesain organisasi agar bisa selaras dengan perencanaan strategis secara menyeluruh

Keywords

desain kondusif Kesehatan

Article Details

References

  1. Ayuningtyas, D. (2020). Manajemen Strategis Organisasi Pelayanan Kesehatan: Konsep dan Langkah Praktis Cetakan ke-1. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
  2. C. Korompis, G. E. (2016). Organisasi & Manajemen Kesehatan Cetakan 2016. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
  3. Hanafi, M. (2017). Buku Materi Pokok Manajemen Edisi 2. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
  4. Herlambang, S. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit: Cara Mudah Memahami Manajemen Pelayanan Rumah Sakit dan Organisasi Pelayanan Kesehatan Lainnya. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
  5. Iswanto, A. H. (2020). Buku Ajar Organisasi dan Manajemen Kesehatan Edisi 1, Cetakan 1. Jakarta: CV Sagung Seto.
  6. Notoatmodjo, S. (2011). Kesehatan Masyarakat: Ilmu dan Seni Edisi Revisi 2011 Cetakan Kedua. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  7. Satrianegara, M. F. (2018). Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan: Teori dan Aplikasi dalam Pelayanan Puskesmas dan Rumah Sakit Cetakan Kedua. Jakarta: Salemba Madika.