Main Article Content

Abstract





Label pangan kemasan adalah keterangan mengenai pangan yang berbentuk gambar, tulisan, kombinasi keduanya, atau bentuk lain disertakan pada produk pangan, dimasukkan kedalam produk pangan, ditempelkan pada produk pangan, atau merupakan bagian kemasan produk pangan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan membaca label produk pangan kemasan pada mahasiswa SI Kesehatan Masyarakat STIKES Bina Bangsa Majene. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian pre-eksperimental design dengan pendekatan “one-group pretest-postest design ”pengambilan Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling (pengambilan sampel secara berstrata) dan menggunakan uji t berpasangan dan MINI TAB.Berdasarkan analisa data, disimpulkan Hasil pengujian mununjukkan bahwa probability plot of data menunjukkan nilai p-volue = 0,066 > α = 0,05, yang berarti data terdistribusi secara normal, Hasil pengujian homogenitas (Test for Equal Varances of Data) menunjukkan bahwa pre-post test mempunyai mempunyai nilai p-volue = 0,079 > α = 0,05, menunjukkan bahwa error model memiliki variansi yang konstan(homogen), Hasil analisisuji t berpasangan pre-post test p-volue = 0,000 > α = 0,05, menunjukkan bahwa ada pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan membaca label produk angan kemasan pada mahasiswa SI Kesehatan masyarakat STIKES Bina Bangsa Majene, sehingga diharapkan kepada mahasiswa agar lebih teliti dalam membaca seluruh informasi yang terdapat pada label produk pangan kemasan, bagi Perguruan Tinggi diharapkan dapat melakukan program pendidikan dan pengenalan mengenai pentingnya pembacaan label produk pangan kemasan. Bagi penelitian selanjutnya, untuk meneliti variabel lain yang terkait dengan pembacaan label produk pangan kemasan.





Keywords

pre test-post test, Penyuluhan, danpengetahuan

Article Details

References

  1. Andi, k. 2013.Perlindungan Konsumen Atas Kode Badan Pengawas Obat Dan Makanan (Bpom) Pada Produk Kopi.Skripsi Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar 2013.
  2. Badan Pengawas obat dan makanan Republik Indonesia. 2004. Informasi Nilai Gizi Produk Pangan, Vol. 10 No. 5 September 2004 diakses pada tanggal 12 Juni 2016 dari http://perpustakaan.pom.go.id
  3. Fatkhurohmah. 2015.PengaruhPemahaman Label Halal Dan FaktorSosialTerhadapNiatMembeliProdukMakananKemasanBerlabelH alal.SkripsiFakultasEkonomiUniversitasNegeri Yogyakarta 2015.
  4. Jannah W, A. 2010. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Prilaku membaca Lebel Informasi, Nilai Gizi Produk Pangan Kemasan pada Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Syarif Hidayatullah jakarta 2010.Skripsi Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
  5. Kementrian Kesehatan. 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan, Republik Indonesia.
  6. Notoatmodjo. 2005. PromosiKesehatanTeoridanAplikasi. Jakarta :RinekaCipta.
  7. . 2007. PromosiKesehatanTeoridanAplikasi. Jakarta :RinekaCipta.
  8. Siti, Z. 2009. HubungankarakteristikIndividu, Pengetahuan, danFaktor lain denganKepatuhanmembaca Label InformasiZatGizi, Komposisi, danKadaluwarsapadaMahasiswaFakultasKesehatanMasyarakat UI Depok 2009. SkripsiFakultasKesehatanMasyarakatUniversitas Indonesia Jakarta.