Main Article Content

Abstract

Kebutuhan sanitasi yang memenuhi syarat kesehatan merupakan hal yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup agar tetap pada status kesehatan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fasilitas sanitasi rumah makan kuliner ikan tuing-tuing di kabupaten Majene. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, subjek penelitian adalah rumah makan kuliner sebanyak 5 dipilih secara purposive sampling,  pengumpulan data dengan observasi partisipatif melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan model milles dan huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima rumah makan hanya satu yang memenuhi syarat fasilitas toilet dan tidak ada yang memenuhi syarat fasilitas tempat sampah dan tiga rumah makan yang fasilitas tempat cuci tangan sudah sesuai dengan Indikator sehingga perlu dilakukan penelitian selanjutnya terhadap fasilitas sanitasi rumah makan kuliner di Kabupaten Majene yang masih rendah sesuai Peraturan Kementerian Kesehatan tentang persyaratan hygiene sanitasi rumah makan.


 


 

Keywords

Fasilitas Rumah makan Sanitasi

Article Details

References

  1. Azwar,s 2003, Penyusunan Skala Pisikologi , Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
  2. Depkes RI 2003, Keputusan Menteri Kesehatan Pedoman Persyaratan Hygiene Sanitasi Rumah Makan Jajanan. Jakarta Depkes RI.
  3. Depkes RI 2009, Modul kursus Hygiene Sanitasi Makanan dan Minuman Jakarta : Depkes RI Sub Direktorat Sanitasi Makanan dan Bahan Pangan.
  4. Depkes RI 2003 tentang Persyaratan Hygiene Sanitasi Rumah Makan http://duniakesling//blogspot.com/2009/05/hygiene-tempat-pengolahan.html?m=1
  5. Mukono 2004. Hygiene Sanitasi Rumah Hotel dan Restoran Surabaya Airlangga University Press.
  6. Seto Sugeng (2001). Pangan dan Gizi, Ilmu Teknologi Industri dan Perdagangan Internasional
  7. Sugiyono 2010. Metode Penelitian kuantitatif , kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
  8. Wahab , A . 2003. Pengantar Riset Bidang Kesehatan, Kebidanan , Keperawatan, Edisi Pertama : Yogyakarta : Kaukaba Dipantara.
  9. World Health Organization.(n.d).Guicte to implementation of who multimodal Hand Hygiene improvement strategi http;//etd.eprients URS.ac.id (diakses maret 2014)